Tayangan halaman minggu lalu

Sabtu, 19 Maret 2016

Tokoh Wayang Arjuna

Salam budaya,
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai tokoh wayang yang cukup populer, yaitu Arjuna. Tokoh yang merupakan bagian dari Pandawa ini cukup terkenal dibandingkan dengan tokoh lainnya atau bahkan dengan keempat saudaranya. Kepopulerannya tidak lain oleh karena ketampanan dan kesaktiannya yang istimewa. Bahkan dalam suatu cerita, yakni Arjuna Wiwaha: Tokoh Arjuna menjadi seorang pertapa (pendeta) yang sangat sakti. Suatu ketika Kahyangan Suralaya kedatangan raseksa Prabu Newatakaca yang berniat mengawinni Bathari Supraba. Dewa mencoba menghentikannya, tetapi apa daya semuanya kalah. Pada akhirnya, dewa meminta bantuan pada Arjuna. Dia kemudian berhasil membunuh raseksa tersebut dan memperoleh anugerah berupa pusaka sakti dan bidadari-bidadari yang cantik.
Kesaktian Arjuna tidak lain oleh karena ia memiliki beberapa pusaka sakti pemberian para dewa, antara lain:
1. Pulanggeni
2. Sarotama
3. Pasoepati
4. Dan lain-lain.
Selain sakti, Arjuna juga dikenal sebagai tokoh yang tampan. Bahkan oleh sebagian orang, ketampanan Arjuna sering dipakai sebagai simbol lelaki yang istimewa dan sempurna. Oleh karena itu, Arjuna juga disebut sebagai "lelananganing jagat." Dengan demikian, tidaklah mengherankan jika dalam pewayangan Arjuna memiliki banyak istri yang cantik nan jelita, antara lain:
1. Sembadra
2. Srikandi
3. Supraba
4. dan masih banyak lagi.
Selain itu kita juga perlu mengetahui bahwa Arjuna memiliki banyak nama, yaitu:
1. Janaka
2. Permadi
3. Parta
4. Kumbang Ali-Ali
5. Indra Tanaya
6. dan sebagainya.
Arjuna juga dipandang memiliki karakter yang bijaksana. Dia adalah kesatria yang senantiasa menumpas angkara murka demi terciptanya dunia yang aman dan tentrem. Maka sering kali Arjuna oleh sebagian orang dianggap sebagai figur favorit yang dibanggakan.
Dalam beberapa kisah, Arjuna juga diceritakan sering menerima wahyu atau anugerah dari Sang Kuasa. Misalnya Wahyu Makutharama yang dianggap sebagai wahyu kerajaan. Pencapaian ini tidak lain karena Arjuna gemar bertapa dan berdoa terhadap Sang Pencipta. Maka tidak mengherankan jika ia akhirnya memperoleh anugerah'Nya.
Arjuna dalam kehidupannya sangat akrab dan sangat dekat dengan saudaranya yaitu Prabu Kresna raja di Dwarawati. Mereka sering pergi bersama-sama dan saling melengkapi. Kresna adalah pembimbing bagi Arjuna. Jika kita mengintip cerita Baratayuda Jayabinangun, keberhasilan Arjuna sebagai senapati hingga mampu membunuh senapati lawan dengan begitu gagahnya tidak lain juga karena petunjuk dan arahan dari Kresna.
Mungkin itu saja yang saat ini sempat saya tulis. Mungkin di waktu lain akan saya tambah lagi ulasannya sehingga cukup menambah pengetahuan dasar tentang pengenalan tokoh Arjuna. Jika ada yang ingin menambahkan atau mengoreksi silahkan. Terimakasih. Salam budaya.

Nb: Foto Arjuna saya ambil dari blog Abiyyi.

2 komentar:

  1. HIS balai sartika memiliki konsep One Stop Wedding Service, dengan konsep One Stop Wedding Service ini lebih memudahkan kak winda kedepannya dalam pemilihan vendor, yang sudah mencakup seluruh kebutuhan kak ina dari mulai :
    -Gedung
    -Catering
    -Dekor
    -Rias busana & Make up
    -Fotografi
    -Entertaiment
    -MC
    -Upacara Adat
    -Wedding car
    -Wedding Organizer & Wedding Consultant

    Info lebih lanjut bisa hub Zulfa 089611648377 (WA)

    BalasHapus
  2. MGM Grand Casino at Penn National Race Track in
    The Race Track at MGM Grand in 하남 출장샵 Las Vegas is an 의왕 출장마사지 enormous, historic, and grand The Race Track at MGM Grand 광주 출장안마 features a variety of 의정부 출장마사지 food, 광명 출장마사지 drinks and more.

    BalasHapus