Tayangan halaman minggu lalu

Selasa, 15 Maret 2016

Tokoh Wayang Pandawa

Salam budaya,
Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa ini adalah artikel pertama saya dalam blog ini, semoga artikel tentang tokoh Pandawa ini nanti akan cukup membantu bagi sahabat-sahabat yang ingin mempelajarinya. Baiklah kalau begitu kita langsung saja ke materi.
Tokoh Pandawa merupakan tokoh dari epos cerita Mahabharata India, namun lebih dikenal sebagai tokoh wayang kulit di Indonesia, khususnya di Jawa. Karena sebenarnya terdapat beberapa perbedaan mendasar antara cerita Pandawa versi India dengan versi Indonesia. Akan tetapi, perbedaan ini tidak akan dibahas pada artikel ini. Semoga kesempatan selanjutnya saya bisa menulis tentang hal tersebut.
Balik lagi ke materi, Pandawa berarti lima orang laki-laki bersaudara, yang terdiri berikut ini.
     1. Puntadewa
     2. Werkudara
     3. Arjuna
     4. Nakula
     5. Sadewa
Pandawa terlahir dari satu ayah, yaitu Pandu Dewanata raja di Astina; dan dua ibu, yakni Kunthi Talibrata dan Madrim. Puntadewa, Werkudara, Arjuna dilahirkan oleh Pandu dengan Kunthi. Adapun Nakula dan Sadewa yang merupakan saudara kembar lahir dari Madrim dan Pandu.
Pandawa dikenal memiliki lebih dari satu nama, di antaranya ialah sebagai berikut.
     1. Puntadewa: Yudhistira, Dwijakangka, Darma Putra, Darma Kusuma, dsb.
     2. Werkudara: Bima, Sena, Bratasena, Bayu Siwi, dsb.
     3. Arjuna: Janaka, Parta, Kumbang Ali-Ali, Permadi, Indra Tanaya, dsb.
     4. Nakula: Pinten.
     5. Sadewa: Tansen.
Adapun penjelasan berkaitan dengan istri, anak, watak (karakter), tempat tinggal (kasatriyan), pusaka, dan lain sebagainya ialah sebaga berikut.
1. Puntadewa. Istrinya bernama Drupadi seorang putri dari Pancala. Keduanya memiliki anak bernama Pancawala. Puntadewa memiliki karakter pemimpin yang bijaksana  adil, sabar, dan jujur. Dia tinggal di Kerajaan Amarta sebagai seorang raja. Adapun pusaka yang dimilikinya ialah Kitab Kalimasada.
2. Werkudara. Dia memiliki tiga orang istri. Pernikahannya yang pertama dengan Dewi Nagagini melahirkan satu anak, yaitu Antareja. Pernikahan yang kedua dengan Dewi Arimbi menghasilkan satu orang anak bernama Gatotkaca. Pernikahan ketiga dengan Dewi Urang Ayu melahirkan anak yaitu Antasena. Werkudara dikenal sebagai figur yang berpendirian teguh, semangat, dan patuh terhadap perintah guru. Dia tinggal di Kasatriyan Jodhipati. Pusaka andalannya adalah Gada Rujakpolo dan Kuku Pancanaka.
3. Arjuna. Tokoh ini terkenal karena ketampanannya. Oleh karena itu, dia memiliki istri lebih dari satu. Istri Arjuna antara lain, yaitu: Dewi Sembadra, Dewi Srikandi, Batari Supraba, dan masih banyak lagi. Selain itu, Arjuna juga memiliki banyak anak, yakni: Abimanyu, Bambang Irawan, Prabakusuma, dan masih banyak lagi. Arjuna dikenal sebagai figur yang tenang, gemar bertapa, rajin berguru, dan ahli dalam melepaskan busur panah. Dia tinggal di Kasatriyan Madukara. Senjata yang dimilikinya, yaitu Panah Pasoepati, Keris Pulanggeni, Sarotama, Panah Ardha Dhedhali, Bramastra.
4. Nakula. Tokoh ini dalam cerita wayang tidak begitu menonjol perannya, bahkan istrinya juga tidak diceritakan. Seandainya ada itu hanya cerita tambahan yang keakuratannya sangat mungkin untuk diragukan. Dia tinggal di Kasatriyan Bumi Retawu. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Nakula adalah kepandaiannya dalam memelihara hewan. 
5. Sadewa. Sebagaimana dengan Nakula, tokoh Sadewa juga tidak begitu tampak perannya. Istrinya juga tidak diketahui. Dia tinggal di Kasatriyan Sawo Jajar. Adapun keunggulan yang dimilikinya adalah ketelitiannya dalam bercocok-tanam.
Berdasarkan penjelasan tersebut saya kira sudah cukup memberikan pengertian berkaitan dengan deskripsi tokoh Pandawa. Paparan tersebut tentunya masih belum begitu sempurna, oleh karena itu saran dan kritik selalu saya nanti. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar